Sabtu, 16 Maret 2013

KETAWA ... Obat Paling Mujarab Hilangkan Stres



Beruntunglah orang-orang yang memiliki perangai humoris. Mereka yang memiliki sifat tersebut merupakan orang-orang dengan kemungkinan terjauh untuk terserang stres. Benar. Orang-orang dengan selera humor tinggi tentu akan banyak mengkasilkan tawa. Nah, ketawa inilah yang memiliki fungsi sebagai penawar atau pencegah stres. 

Bagaimana cara kerja ketawa dalam mengusir stres dan ketegangan hidup? Banyak cara yang dapat menghadirkan senyum bahkan membuat seseorang ketawa. Kenangan yang indah bersama rekan seperjuangan saat sekolah dan kuliah bisa jadi salah satu pemicunya.

Selain itu, berbagai tayangan hiburan bergenre komedi yang ditayangkan media elektronik pun kiranya memiliki peran yang sama untuk menghadirkan tawa. Namun, hal ini sering kali dilupakan saat orang-orang mengalami stres dan persoalan hidup yang cukup pelik.

Dewasa ini, banyak sekali persoalan hidup yang bisa berujung pada stres. Semua penderita stres mamiliki sebab yang berbeda anatara satu dengan yang lain. Ada yang menderita stres karena faktor ekonomi, stres karena tekanan kerja, stres karena lingkungan yang tak kondusif dan banyak lagi yang lainnya. Dari sekian banyaknya penyebab stres, tentu cara yang diambil penderita untuk mengatasi stres pun akan berbeda pula.

Perlu diketahui, jika stres yang diderita seseorang sudah mencapai tingkatan kronis atau stres berkepanjangan, maka itu semua dapat mengganggu kekebalan tubuh penderitanya. Sistem imun dalam tubuh akan menurun drastis, akibatnya berbagai macam penyakit akan sangat mudah menyerang tubuh. Dan yang paling mengerikan, kondisi stres ini bisa mengakibatkan kanker, bahkan stroke.

Namun, jika Anda termasuk salah seorang yang sering mengalami stres, rasanya bisa sedikit tenang. Saat ini telah ada beberapa teknik pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengurangi permasalahan seputar stres. Seperti apa teknik yang dimaksud? Berikut adalah uraiannya.

Escape from Stres (EFS)

EFS merupakan sebuah metode yang belakangan ini paling banyak dipilih seseorang untuk mengurangi persoalan hidup yang berat dan menghilangkan stres yang diakibatkannya. Metode atau teknik managemen stres ini akan meningkatkan kualitas hidup dan mencegah berbagai penyakit mematikan, seperti serangan jantung, kanker, gejala neurosis, dan stroke.

Sampai saat ini telah banyak program yang dikembangkan oleh EFS, di antaranya teknik relaksasi, meditasi medis, latihan pernapasan perut dan dada, serta terapi ketawa. Beban hidup dan tuntutan hidup yang harus dipenuhi adalah salah satu faktor penyebab stres. Cara yang paling mudah untuk menghindari ini adalah dengan tertawa yang memang memiliki banyak efek positif pada mental seseorang.

Terapi Ketawa

Seperti yang banyak diajarkan dalam dunia psikoterapi, salah satu cara untuk memperoleh tawa bisa dilakukan dengan terapi ketawa. Terapi ketawa ini berbeda dengan tawa buasa atau tawa yang dibuat-buat. Dalam terapi ketawa ada tahap-tahap yang harus dilalui sebelum menghasilkan tawa. Dengan begitu, efek tawa yang dihasilkan melalui terapi ketawa ini benar-benar bermanfaat.

Terapi ketawa merupakan teknik yang mudah untuk dilakukan, namun efeknya sangat luar biasa. Ketawa selama 5-10 menit bisa merangsang tubuh seseorang untuk mengeluarkan endorphine dan serotonin (sejenis morfin alami tubuh), serta metanonin. Ketiga zat ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi otak sehingga mampu menciptakan perasaan tenang.



Sumber Referensi : www.anneahira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar